Resep Mpasi 6 Bulan Pertama yang Sehat dan Lezat untuk Balita

Resep mpasi 6 bulan pertama jika Kamu perlu memberikan makanan pendamping ASI karena pada usia ini bayi mulai dapat mengatur refleknya. Juga, pada usia 6 bulan, bayi biasanya dapat menopang kepalanya, duduk tegak dan refleks untuk menggerakkan lidahnya untuk menahan benda asing telah hilang.

Selain ASI yang diperlukan, makanan pendamping juga penting untuk menambah asupan bayi. Bagi Kamu yang memiliki bayi dan akan berjalan di usia 6 bulan. Pada ulasa kali ini Kami akan memperkenalkan berbagai resep mpasi 6 bulan pertama yang bisa Kamu buat.

MPASI Bayi 6 Bulan Pertama sebaiknya Apa?

Mpasi bayi 6 bulan pertam yang cocok adalah sayuran seperti wortel, labu, kentang, ubi jalar, brokoli. Haluskan buah, seperti apel, pir, pisang, pepaya atau alpukat. Sereal bayi bebas gluten yang diperkaya dengan zat besi, ibu bisa mencampurnya dengan ASI. Bubur susu atau kue yang dihaluskan.

Beberapa Resep Mpasi 6 Bulan untuk Balita Kamu yang Sehat dan Bergizi

Berikut ini merupakan beberapa resep mpasi 6 bulan pertama yang bisa Kamu coba dan buat seperti dibawah ini:

1. Cinnamon Apple Stew.

Resep makanan mpasi 6 bulan pertama yang bisa Kamu buat adalah Cinnamon Apple Stew.

Bahan yang harus disiapkan

  • Sebuah apel
  • Cukup air
  • Bubuk kayu manis

Cara membuat

Pertama, kupas apel dan potong dadu, lalu cuci bersih dan masak dalam air mendidih.Untuk menghemat waktu, Kamu juga bisa memasaknya dalam panci bertekanan tinggi selama 2-3 menit.Setelah matang.Apel bisa dihaluskan menggunakan blender. Kemudian, jika halus, tiriskan apel.

Dan terakhir setelah disaring, Kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis sesuai kebutuhan. Terus aduk terus agar merata dan disajikan.

2. Puree Pisang Dan Alpukat

Resep makanan mpasi 6 bulan pertama kedua yang bisa Kamu buat adalah pisang tumbuk dan alpukat.

Bahan yang harus disiapkan.

  • Pisang sebanyak buah
  • Alpukat sebanyak setengah buah
  • ASI

Cara membuat

Pertama, cuci pisang dan alpukat sampai bersihKemudian kupas semua buahnya.Setelah dikupas, Kamu bisa mengikis bagian dalam alpukat untuk menghilangkan dagingnya.Kemudian buah-buahan tersebut dicampur satu per satu dan dicampur dengan ASI dan terakhir, jika sudah diaduk hingga tercampur rata, bisa langsung disajikan.

3. Puree Jagung Manis dan Bayam

Resep mpasi 6 bulan pertama yang bisa Kamu buat selanjutnya adalah jagung manis dan bayam tumbuk.

Bahan yang harus disiapkan

  • Jagung manis ukuran sedang
  • 15 lembar daun bayam
  • Rebus air hingga 5 sendok makan

Cara membuatnya

Cuci dulu daun bayam dan jagung manisnya, kemudian Anda rebus jagung manis sampai benar-benar empuk. Setelah jagung manis matang, Anda bisa langsung mencukurnya. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bayam ke dalam air. lalu masak selama kurang lebih 10 menit.

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bahas tentang resep mpasi 6 bulan pertama yang sehat dan lezat pada balita, semoga bisa menambah wawasan baru dan informasi berguna.