Manfaat Niacinamide untuk Wajah, Ini Dia Cara Penggunaannya

Manfaat Niacinamide untuk wajah sangat banyak, Niacinamide ialah salah satu kandungan produk perawatan kulit yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Niacinamide atau B3 adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh kulit wajah.

Apabila tubuh kekurangan Vitamin B3, berbagai gangguan pada otak, ginjal, juga kulit berpotensi terjadi. Nah, penggunaan produk yang mengandung niacinamide pada wajah juga membantu mencegah defisiensi B3. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi niacinamide sendiri, karena itulah asupan niacinamide sangat penting.

Karena niacinamide bagus untuk tubuh, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi atau menggunakannya sesuka hati, tetap harus memakai aturan. Seperti apakah cara penggunaan niacinamide yang benar? Berikut pembahasannya

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Sebelum membahas bagaimana cara penggunaan niacinamide, alangkah baiknya kita bahas dulu manfaat niacinamide untuk wajah.

Produk skincare tidak mungkin memasukkan niacinamide sebagai bahan produknya apabila ia tidak memiliki manfaat. Oke, berikut beberapa manfaat dari Niacinamide untuk kulit wajah.

  1. Niacinamide bisa digunakan untuk mencerahkan wajah, hal ini karena niacinamide mampu membantu memudarkan hiperpigmentasi pada kulit.
  2. Bisa menjadi solusi untuk cara menghilangkan jerawat, niacinamide dapat mengatur produksi minyak di kulit menjadi lebih stabil sehingga mampu meredakan jerawat.
  3. Melindungi kulit dari stress oksidatif, niacinamide yang dioleskan ke kulit akan berubah menjadi NAD (Nicotinamide Adenine Dinucleotide) yang memiliki antioksidan.
  4. Mengembalikan warna kulit, penggunaan produk ber niacinamide terbukti ampuh untuk memulihkan warna kulit.
  5. Menghidrasi kulit, niacinamide dapat membantu memperkuat perisai pelindung kulit. Niacinamide juga merangsang produksi ceramides dan elastin yang merupakan dua komponen penting dari skin barrier.

Cara Penggunaan Niacinamide

Niacinamide banyak ditemukan dalam produk skincare berupa serum. Serum sendiri ialah produk perawatan kulit yang bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Kamu bisa menggunakan serum niacinamide setelah menggunakan toner, dan dilanjut dengan menggunakan pelembab atau moisturizer.

Setiap produk skincare biasanya menyertakan aturan pemakaian pada kemasannya. Nah, untuk cara penggunaan niacinamide yang tepat, kamu bisa mengikuti petunjuk atau aturan pemakaian tersebut.

Konsentrasi niacinamide pada setiap produk skincare berbeda-beda, pastikan memakai niacinamide dengan konsentrasi rendah terlebih dahulu, terlebih apabila kamu memiliki kulit sensitive.

Dalam penggunaannya, niacinamide juga akan bekerja lebih optimal apabila digunakan bersama dengan bahan aktif lain, seperti asam folat, cooper, atau zinc. Di bawah ini merupakan cara penggunaan niacinamide bersama dengan perawatan kulit yang lain:

  1. Bersihkan kulit wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Keringkan kulit menggunakan tissue.
  3. Gunakan toner yang mengandung niacinamide.
  4. Setelah itu, barulah oleskan serum atau moisturizer niacinamide, lanjutkan dengan mengoleskan sunscreen untuk penggunaan di pagi hari.