Ingin Membeli Mesin Espresso, Simak Tips Berikut!

Untuk Anda yang memiliki usaha kedai kopi, bisa dikatakan jika mesin espresso adalah salah satu kebutuhan yang cukup mendasar. Ya, mesin ini tidak hanya diandalkan untuk membuat espresso saja, melainkan beragam menu lain yang menggunakan dasar espresso, terutama men-menu kopi masa kini.

Nah, demi menyajikan menu yang lebih bervariasi demi bisnis yang lebih lancar, Anda perlu memiliki mesin espresso di kedai. Saat ini, ada cukup banyak produk mesin espresso yang tersedia di pasaran. Untuk memudahkan Anda memilih mesin yang tepat, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tips untuk membelinya.

Tips Membeli Mesin Espresso yang Tepat

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak produk mesin espresso yang tersedia di pasaran saat ini. Nah, dengan mengetahui tips memilih mesin espresso tersebut, tentu Anda bisa memilih mana mesin espresso yang cocok dan sesuai dengan keinginan.

Adapun beberapa tips memilih mesin espresso yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan dengan keperluan

Untuk membeli mesin espresso, hal paling pertama dilakukan adalah dengan menyesuaikan pada keperluan Anda. Apakah Anda perlu mesin espresso untuk kegunaan rumahan atau kedai? Nah, jika Anda hanya memerlukan mesin espresso untuk rumahan, Anda bisa saja membeli mesin espresso manual.

Memang, mesin espresso manual juga bisa digunakan untuk kebutuhan kedai. Hanya saja, bisa dikatakan mesin espresso tersebut kurang praktis dengan waktu buat espresso yang lebih lama.

  • Cek budget yang tersedia

Saat hendak membeli mesin espresso, tentu saja Anda harus menyesuaikan budget yang disediakan. Poin ini sangat penting karena budget akan berpengaruh pada produk mesin espresso yang hendak Anda beli.

Jika Anda memiliki budget yang terbatas, maka berusahalah mencari mesin espresso yang cenderung lebih terjangkau. Memang, mesin espresso manual bisa menjadi opsi untuk pilihan dengan budget terbatas.

Di sisi lain jika Anda sudah menyiapkan budget khusus untuk membeli mesin espresso dan ingin memiliki mesin yang andal untuk investasi jangka panjang, mesin espresso commercial bisa dijadikan opsi. Hanya saja, harga mesin espresso commercial memang cenderung tinggi.

  • Ketahui aneka fitur mesin espresso

Hal lain yang tidak boleh dilupakan saat hendak memilih mesin espresso adalah mengetahui fitur dari mesin tersebut. Ini adalah poin penting agar nantinya Anda bisa mengoperasikan mesin ini dengan maksimal serta mendapatkan hasil seduh espresso yang maksimal.

Cek berapa liter kapasitas boiler dari mesin espresso tersebut, berapa watt yang digunakan untuk menghidupkan mesin espresso, bagaimana sistem pemanasan mesin dan lainnya. Pemahaman semacam ini sangat diperlukan. Coba tanyakan detail tersebut pada agen sebelum Anda membeli mesin espresso.

Nah, beberapa hal di atas menjadi poin penting yang perlu dilakukan sebagai pertimbangan membeli mesin espresso yang tepat. Semoga bermanfaat.