Cek Komponen Mobil Bekas Semarang Berikut Sebelum Membelinya

Mobil bekas Semarang menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak perlu inden dalam waktu lama serta harga yang lebih terjangkau menjadi alasan kenapa mobil ini banyak diminati.

Sayangnya, membeli mobil bekas juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu perlu memperhatikan beberapa komponen penting dalam mobil sebelum membeli mobil bekas tersebut.

Tujuannya supaya kenyamanan penggunaan mobil menjadi optimal. Jadi, meskipun mobilnya bekas, tapi kualitas fitur dan layanan lain di dalam mobil tetap perlu diperhatikan dengan baik.

Bagi yang ingin membeli mobil bekas, ada beberapa komponen penting yang harus dicek. Berikut bagian-bagian yang perlu di cek ketika membeli mobil bekas :

  • Cek warna oli mesin dan volume

Saat membeli mobil bekas, bagian yang perlu di cek terlebih dahulu adalah warna oli mesin dan volumenya. Untuk melihatnya, kamu bisa cek bagian stik oli.

Cek apakah skalanya sesuai dengan stik oli atau belum. Jika volumenya berkurang, bisa dipastikan mobil mengalami kebocoran mesin yang mempengaruhi kenyamanan.

Cek dulu bagian warna olinya juga. Jika warna olinya hitam, bisa dipastikan oli perlu diganti. Jika warna oli seperti cream susu, kemungkinan besar oli tercampur dengan air.

Hindari mobil yang seperti ini. Biaya perbaikan mobilnya lumayan mahal sehingga kamu perlu menyiapkan budget tambahan agar mobil bisa berfungsi normal kembali.

  • Cek ada atau tidak kebocoran oli

Bagian yang perlu dicek selanjutnya adalah ada atau tidaknya kebocoran oli. Untuk mengecek bagian ini, kamu bisa melihat seal-seal mesin terlebih dahulu.

Jika seal-seal mobil mengalami kebocoran atau kerusakan, kamu harus berani menyiapkan dana lebih untuk perbaikan mobil agar menjadi normal kembali.

Hal tersebut sangat wajar karena bagian seal mesin pada mobil memiliki umur yang perlu diganti. Jika tidak mau pusing, hindari membeli mobil yang bagian sealnya rembes atau bocor.

  • Lihat selang dan karet mobil

Selang dan karet pada mobil juga memiliki umur yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil.

Jadi, sebelum membeli mobil, usahakan mengecek bagian selang dan karet mobil terlebih dahulu. Khususnya untuk bagian selang fan belt atau radiator.

Jika bagian tersebut getas, sudah pasti kamu harus siap-siap menyiapkan anggaran agar dapat mengganti bagian tersebut. Jika tidak mau repot, hindari mobil bekas yang ada masalah pada bagian karet dan selang mobil.

  • Periksa kelistrikan mobil

Yang tak kalah penting, perhatikan dan periksa bagian kelistrikan mobil. Pastikan mobil tertata dengan rapi dan semua fiturnya bisa beroperasi dengan baik.

Jangan sampai mobil yang dibeli tidak bisa dinyalakan. Hal tersebut merugikan kalian karena pasti harus memperbaiki bagian kelistrikan mobil terlebih dahulu.

Pastikan tidak ada kabel yang bisa menyebabkan korsleting. Pasalnya bisa menyebabkan kebakaran pada mobil bekas Jakarta.