Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit di Kala Pandemi

Di era pandemi, cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit harus diketahui semua pihak. Tujuannya agar tubuh tidak rentang terkena penyakit.

Jika kekebalan tubuh menurun, membuat patogen menyerang tubuh. Yang akhirnya, tubuh menjadi mudah sakit. Tentunya kalian tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?

Bagi yang tidak ingin terserang penyakit, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan agar kekebalan tubuh tetap prima dan tidak gampang sakit-sakitan:

1. Olahraga teratur

Rutin olahraga 30 menit setiap hari atau 3 hingga 5 kali seminggu bisa meningkatkan reaksi kekebalan tubuh untuk melawan infeksi atau gangguan pada tubuh lainnya.

Terapkan olahraga sesuai kemampuan di masa pandemi. Ada banyak olahraga yang bisa dicoba, misalnya berjalan kaki, bersepeda atau jogging.

Agar tidak kerumunan, kamu juga bisa memilih berolahraga di indoor, contohnya seperti senam aerobik, stretching ataupun yoga.

2. Konsumsi makanan bergizi

Agar kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang.

Utamakan makanan yang memiliki kandungan protein, mineral, vitamin dan antioksidan. Ada banyak makanan dengan kandungan tersebut.

Misalnya buah-buahan sayuran, telur, ikan, susu, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan. Selain itu, konsumsi juga makanan lain seperti seafood, yoghurt, keju yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan pada tubuh.

3. Berjemur

Cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit selanjutnya adalah dengan berjemur di pagi hari.

Hasil studi yang telah dilakukan, sinar matahari bisa memicu produksi vitamin D yang akhirnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Disarankan berjemur setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Tidak perlu terlalu lama karena 15 menit saja sudah cukup. Terutama berjemur pukul 9.00–10.00 pagi.

4. Istirahat cukup

Kualitas tidur ada berkaitan erat dengan daya kekebalan tubuh. Tidur cukup dan nyenyak bisa menjaga dan bahkan memperkuat daya kekebalan pasa tubuh.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Kurang tidur biaa membuat tubuh sangat rentan terhadap berbagai penyakit ganas di kala pandemi.

Jadi, sebisa mungkin pastikan mencukupi waktu tidur sesuai usia masing-masing. Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 9 jam setiap hari. Sedangkan remaja perlu 8–10 jam setiap hari.

5. Konsumsi suplemen

Asupan gizi cukup diperlukan agar mendukung kinerja pada sistem kekebalan tubuh. Tujuannya supaya tubuh lebih kuat untuk melawan berbagai kuman penyakit.

Namun, jika nutrisi makanan yang dikonsumsi tidak mencukupi, kamu membutuhkan suplemen khusus yang mampu meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Terutama suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin D, dan juga Echinacea. Berdasarkan penelitian senyawa polisakarida atau glikoprotein di Echinacea bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit memang ada beragam. Lakukan cara di atas secara rutin agar di masa pandemi seperti sekarang, kamu tidak mudah terserang penyakit.