Aspek Penting Perkembangan Anak Usia Dini

Proses tumbuh serta berkembangnya anak merupakan hal yang sangat diamati orang tua terlebih sang ibu. Tak hanya diamati semata, kini orang tua dapat membantu buah hati supaya tumbuh sebagai pribadi yang baik. Caranya yaitu dengan memperhatikan dengan seksama bermacam aspek perkembangan anak usia dini. Salah satu perkembangan anak sejak usia dini yang mudah dilihat adalah di bidang fisiknya.

Selain itu terdapat sejumlah hal lain yang dapat mempengaruhi perkembangan si kecil. Seperti kejiwaan, mental, sampai sejumlah hal yang sifatnya di bidang sosial. Oleh sebab itulah dirasa sangat penting untuk orang tua mengetahui sejumlah aspek yang bisa mempengaruhinya supaya mengambil langkah tepat guna membantu perkembangan buah hati.

Mengenal Tentang Perkembangan Pada Anak Usia Dini

Tak jarang ibu masih terasa asing dengan istilah perkembangan pada anak. Perlu diketahui, secara umum, perkembangan pada anak bisa didefinisikan sebagai tahap buah hati mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Pada tahap perkembangan tersebut, anak yang mulanya masih bergantung pada orang tua bisa berubah menjadi pribadi mandiri.

Aspek yang Ada di Perkembangan Anak

Bukan pengetahuan umum saja, rupanya sejumlah aspek perkembangan anak usia dini juga termasuk dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 tahun 2013. Adapun perkembangan tersebut antara lain agama dan moral, kognitif, fisik motorik, sosial emosional, seni, dan bahasa. Terdapat contoh tersendiri dalam sejumlah aspek tersebut sehingga orang tua dapat memahaminya lebih mendalam.

  1. Agama dan Moral

Agama dan moral menjadi aspek utama serta untuk diajarkan kepada buah hati. Hal tersebut berfokus dalam menanamkan sejumlah nilai dasar, norma yang berlaku sampai kesadaran. Anak usia dini perlu kenal dengan agam serta menjalankan ibadah supaya lebih paham dengan arah dan tujuan mereka dengan baik.

  1. Fisik motorik

Seperti namanya, aspek satu ini adalah segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan tumbuh kembang tubuh anak sejak dini.

  1. Kognitif

Dalam aspek perkembangan satu ini, berkaitan erat dengan akal serta pikira. Sehingga tak mengherankan kalau pertumbuhan dalam area tersebut mempunyai jangkauanĀ  yang begitu luas. Selain itu nantinya terdapat banyak pelajaran penting yang didapatkan si kecil.

  1. Bahasa

Orang tua dapat memahami perkembangan aspek satu ini serta bisa melatih langsung kepada si kecil dengan cara bercerita, perintah, aturan serta menghargai bacaan.

  1. Sosial emosional

Aspek perkembangan emosi pada anak usia dini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini lantaran berkaitan erat dengan perkenalan diri buah hati kepada orang sekitar.

  1. Seni

Jenis aspek terakhir dalam perkembangan anak usia dini yaitu seni. Tiap anak yang terlahir mempunyai sifat imajinatif serta mempunyai sisi seni mereka.

Sejumlah aspek perkembangan pada anak usia dini tersebut penting untuk orangtua perhatikan demi mendukung tumbuh kembang buah hati.