6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Pengasuhan anak tentunya juga tidak lepas dari bagaimana memastikan nutrisi yang dikonsumsinya. Banyak anak-anak yang tidak suka dengan sayur, padahal sayuran juga sumber serat yang dibutuhkan tubuh. Sayuran juga bermanfaat untuk membuat tubuh kuat, tinggi, dan membantu kecerdasan anak. Berikut cara mengatasi anak susah makan sayur.

1.   Tambahkan Mentega

Anda bisa mencoba memberikan sayur dengan tambahan mentega saat memasaknya. Cara ini untuk membantu menghilangkan rasa pahit pada sayur. Pilihlah mentega yang memiliki kandungan vitamin A, E, dan D3. Jadi, Anda bisa sekaligus memberikan tambahan vitamin pada anak.

2.   Cari Tahu Sayuran Kesukaan Anak

Cara lain yang bisa dicoba adalah mencari  tahu sayuran kesukaan anak. Sajikan beberapa jenis sayuran secara bergantian setiap harinya. Nanti Anda bisa menilai mana jenis sayur yang lebih banyak diminati. Kesukaan pada sayur ini juga termasuk bagaimana proses pengolahannya. Entah dengan ditumis, dibuat menjadi sup, ataupun dibuat seperti capcay.

3.   Menu Pembuka

Cara mengatasi anak agar mau makan sayur bisa dengan menjadikannya sebagai menu pembuka saat makan siang atau malam. Menu pembuka tentunya akan lebih dulu dimakan karena rasa lapar yang dirasakan. Sayuran sebagai menu pembuka bisa dibuat menjadi sup agar lebih enak untuk dimakan.

4.   Berikan Contoh

Anak-anak cenderung mencontoh, maka untuk mengatasi anak yang susah makan sayur bisa dengan memberikan contoh. Caranya dengan makan bersama anak dan memperlihatkan betapa Anda menyukai sayuran tanpa memilih-milihnya. Anak yang melihat ini akan pelan-pelan mencontoh Anda karena merasa yakin sayuran tersebut enak untuk dimakan.

5.   Masak Bersama

Tak hanya anak perempuan, anak laki-laki juga tak masalah untuk diajak masak bersama. Memasak sayuran bersama bisa menjadi momen untuk Anda mengenal jenis-jenis sayur dan memberitahukan apa saja manfaatnya bagi kesehatan. Pengenalan ini bisa dengan mengajarkan anak mencincang sayuran atau membersihkannya.

Anak akan menjadi yakin untuk memakannya setelah memahami manfaat dari berbagai jenis sayur. Apalagi jika Anda bisa membuat anak paham betapa sayuran memiliki peran penting untuk membuat tubuh menjadi kuat dan pintar.

6.   Campur dengan Makanan Kesukaan

Cara mengatasi anak yang susah makan sayuran bisa dengan mencoba mencampurkannya dengan makanan kesukaannya. Misalnya dicampurkan ke dalam daging ayam dan tepung yang dibuat menjadi nugget.

Solusi ini biasanya paling ampuh karena teksturnya sudah berubah dan sayurannya pun tidak terlalu terlihat lagi. Anda bahkan bisa menjadikannya sebagai camilan. Tinggal membuatnya dari berbagai varian sayuran untuk membuat anak mengenal berbagai jenis sayuran.

Cara mengatasi anak susah makan sayur memang tidaklah mudah. Anda perlu kesabaran dan terus mencobanya secara rutin setiap hari atau setiap kali sesi makan. Hanya saja tetap jangan memaksa anak untuk mencobanya. Biarkan ia memakan sayuran atas keinginannya sendiri, sehingga lama-kelamaan bisa menyukai sayuran.