6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan agar BB Tidak Turun

Ada kalanya anak susah sekali makan dan itu membuat mood Anda sebagai ibu juga ikutan rusak seharian. Masa susah makan anak ini sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhannya, salah satunya bisa membuat BB anak menjadi turun. Ini cara mengatasi anak susah makan yang bisa dicoba agar BB anak tidak turun.

1.     Porsi Kecil dan Sering

Cara yang bisa Anda coba dengan memberikan makanan dengan porsi kecil, hanya saja frekuensi pemberiannya menjadi lebih sering dari biasanya. Ini juga bisa menjadi cara agar makanan tidak terlalu banyak terbuang di satu sesi makan. Jarak makan tiap sesinya bisa dibuat tiap tiga jam sekali.

2.     Jadwal Makan yang Teratur

Buatlah sebuah jadwal makan yang teratur sebanyak tiga kali makanan utama dan makanan selingannya dua kali. Anda harus membuat jadwal yang konsisten karena salah satu yang membuat anak susah makan karena jadwal makannya tidak teratur. Cara ini juga untuk mengajarkan anak tentang rutinitas setiap harinya.

3.     Tampilan Makanan Menarik

Penting sekali untuk menemukan cara mengatasi anak yang susah makan dengan membuat tampilan makanan menjadi menarik. Misalnya membuat nasi anak menjadi tampilannya seperti wajah dan bentuk proteinnya dibuat berbeda dari biasanya.

4.     Variasikan Menu

Anda bisa mencoba dengan membuat variasi menu makanan anak yang berbeda dari  biasanya karena bisa saja anak sedang bosan. Menu yang bisa dicoba menu terbaru yang gurih dan manis. Menu ini biasanya disukai anak-anak dan membantu menaikkan seleranya.

Variasikan menu juga bisa dengan mencoba menu baru yang belum dicoba anak. Menu baru ini coba berikan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu untuk melihat anak mau atau tidaknya. Menu baru ini bisa dicoba beberapa kali ke anak.

5.     Ciptakan Kenyamanan Suasana Makan

Bantulah untuk menciptakan suasana makan yang nyaman untuk anak Anda agar ia betah di kursi makannya. Kenyamanan juga bisa dengan cara mengajak anak makan bersama agar ia menjadi tertarik dengan makanannya.

Saat makan bersama juga bisa sekaligus memberikan contoh kepada anak bagaimana cara makan yang baik. Jangan memarahi atau memaksa anak makan saat ia tidak mau karena ini bisa membuat anak menjadi semakin tidak nafsu untuk makan.

6.     Camilan Tinggi Kalori

Anda bisa memberikan anak camilan yang tinggi kalori dan sehat untuk membantu mengatasi anak susah makan agar BB anak tidak turun. Camilannya bisa berupa buah yang bisa membantu menaikkan BB seperti alpukat dan pisang.

Cara mengatasi anak susah makan perlu dilakukan perlahan dan penuh kesabaran. Anda harus menemukan makanan favorite anak agar saat ia susah makan bisa diberikan dan ini sangat membantu sekali. Jangan putus asa untuk terus mencoba memberi anak makan sampai anak tahu kapan jadwalnya makan.