5 Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup yang Perlu Diterapkan

Hari ini banyak sekali permasalahan tentang lingkungan hidup yang membuat resah. Semua permasalahan terjadi karena tidak ada yang melakukan pelestarian lingkungan hidup. Mulailah dari diri kita sendiri hingga akhirnya menjadi kebiasaan yang tidak bisa diabaikan. Berikut ini upaya pelestarian lingkungan hidup yang perlu diterapkan.

1.   Menerapkan Budaya Pelestari

Anda perlu membangun budaya pelestari sehingga terbiasa melakukan pertimbangan baik buruknya dalam menggunakan hasil alam. Jika budaya ini diterapkan dengan baik maka Anda bisa menjadi teladan terkhususnya bagi lingkungan keluarga sendiri.

Budaya pelestari ini juga akan mengubah pemahaman Anda terhadap lingkungan sehingga bisa lebih bertanggung jawab. Lakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Lakukan berbagai kegiatan rutin untuk membentuk budaya pelestari lingkungan.

2.   Melestarikan Hutan

Upaya yang bisa diterapkan dengan melestarikan hutan dan pohon. Mencegah jangan sampai terjadi hutan gundul, sehingga polusi udara bisa terjaga dengan baik. Salah satu upaya melestarikan hutan dengan mengurangi pemakaian kertas dalam kehidupan sehari-hari.

Ikut serta melakukan penanaman seribu pohon. Selain itu, Anda bisa berupaya mencegah adanya pembebasan lahan dengan cara pembakaran. Mulailah menanamkan kepada diri sendiri tentang pentingnya menjaga tumbuhan atau tanaman.

3.   Hemat Listrik

Selanjutnya dalam upaya melestarikan lingkungan adalah menghemat pemakaian listrik. Upaya dalam kebiasaan sehari-hari adalah mematikan lampu di siang hari dan batasi pemakaian AC saat tidak ada di ruangan. Cabut colokan listrik yang tidak digunakan. Selain itu upaya mematikan listrik 1 sampai 2 jam bisa membantu menghemat sumber daya listrik.

4.   Cegah Polusi Udara

Cegah polusi udara dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan beralih ke kendaraan umum. Cegah polusi udara dengan mengurangi pembakaran sampah diganti dengan cara dikubur atau diolah menjadi pupuk kompas. Selain itu mengurangi asap rokok juga bisa menjadi langkah cegah polusi udara.

Cegah polusi juga bisa dengan menerapkan kebiasaan jalan kaki untuk ke beberapa tempat atau menggunakan sepeda. Contohnya dengan ada car free day di hari minggu salah satu solusi mengurangi polusi udara di ibu kota. Anda bisa menerapak ini kepada diri sendiri agar menjadi kebiasaan.

5.   Tidak Berburu Hewan Liar

Upaya pelestarian juga dengan tidak berburu hewan liar karena bisa merusak rantai makanan yang akhirnya berimbas kepada kehidupan. Jadi jangan berburu hewan liar apa lagi memusnahkan hewan liar yang ada di hutan. Biarkan saja hewan liar hidup di habitatnya dengan tenang agar ekosistem lingkungan tersebut tidak mengalami kerusakan.

Upaya pelestarian lingkungan hidup di atas bisa Anda terapkan dengan mudah tinggal ingin atau tidak. Jika Anda bagian dari pemerintahan bisa ikut serta melakukan himbauan untuk menjaga lingkungan hidup. Lakukan pembinaan ke sekolah-sekolah agar menanamkan kebiasaan cinta lingkungan sejak dini.