5 Jenis Olahraga Di rumah untuk Anak Dengan Media Sederhana

Olahraga memiliki segudang manfaat untuk anak-anak pada masa pertumbuhannya. Jenis olahraga yang bisa dilakukan anak-anak juga sangat beragam. Akan tetapi disaat pandemi dan tidak bisa kelur rumah, Anda tetap bisa kok mengajari olahraga di rumah untuk anak. Ajak anak berolahraga sambil bermain agar tetap semangat dalam beraktivitas.

Bagi Anda yang tidak menyediakan perlengkapan olahraga atau halaman rumah yang seluas lapangan, Anda bisa mengajak olahraga yang ringan-ringan saja. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa  dilkukan di rumah tanpa harus memerlukan media yang banyak:

  1. Lari Kecil atau Jalan Santai

Jalan santai atau lari-lari kecil selama 30 menit sampai 1 jam sangat baik untuk kesehatan jantung anak. Kegiatan olahraga ini bisa dilakukan siapa saja bahkan untuk balita sekalipun.

Tidak perlu joging track atau lapangan luas, Anda bisa mengajak anak berjalan santai dari dalam rumah menuju halaman, lalu balik lagi dan seterusnya. Namun jika anak-anak ingin keluar rumah, Anda bisa melakukannya sekali-kali dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

  1. Bermain Bola Tangkap

Jenis olahraga ini hanya memerlukan bola sebagai medianya. Anda bisa menggunakan bola basket, bola voli, bola plastik atau jenis bola apapun untuk bermain. Ajak anak berolahraga bersama agar lebih semangat. Atau bagi Anda yang memiliki ring basket mainan juga bisa digunakan.

  1. Bermain Tali

Jenis olahraga di rumah untuk anak-anak selanjutnya yaitu bermain tali atau skipping. Ajak anak untuk melompat mulai dari ukuran 30 cm dan seterusnya sesuai kemampuan anak. Tali tersebut jika bisa digunakan untuk melakukan beberapa gerakan lompatan.

Gerakan melompat sendiri sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan dan masa tulang serta melatih kekuatan otot dan persendian. Untuk anak-anak yang masih di bawah 5 tahun Anda perlu benar-benar mengawasi olahraganya agar tidak melakukan gerakan yang membahayakan.

  1. Melatih Otot dengan Botol Minuman

Jika tidak ada barbel atau media olahraga angkat beban lainnya, Anda bisa memanfaatkan botol minuman yang diisi air atau perlengkapan apapun yang ada di rumah.

Olahraga ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot tangan dan perut. Berikan beban yang sesuai dengan kemampuan dan usia anak. Jika si kecil tidak mau berolahraga, Anda bisa mengajaknya sambil bermain atau beraktifitas seperti biasa. Misal ajak anak memindahkan dan membersihkan pot bunga, atau kegiatan lain yang disukai si kecil.

  1. Senam

Ada banyak jenis senam bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan anak dan melatih mental anak. Lakukan saja senam dengan gerakan-gerakan yang sederhana dan menyenangkan. Selain senam lantai, yoga, dan zumba, Anda juga mengajaknya menari dengan musik-musik anak.

Apapun jenis olahraga di rumah untuk anak, lakukanlah secara rutin meski durasi olahraganya tidak lama. Agar anak lebih semangat, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa ikut berolahraga.