4 Manfaat Susu Untuk Lansia

Sejauh ini, kebiasaan minum susu identik dengan anak-anak karena dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Sebagai sumber makanan yang baik, orang tua atau lanjut usia juga sebenarnya perlu minum susu. Bahkan ada susu untuk lansia sehingga bisa menjaga kesehatan tubuh lansia termasuk kekuatan tulangnya.

Manfaat Susu Untuk Lansia

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis yaitu tulang menjadi lebih mudah rapuh dari waktu ke waktu. Ini berarti bahwa risiko mengalami osteoporosis akan meningkat setelah bertambahnya usia. Ini berarti bahwa orang tua memiliki risiko lebih tinggi daripada kaum anak muda dalam mengalami osteoporis.

Tidak heran lanjut usia masih harus minum susu untuk menunda terjadinya osteoporosis. Secara khusus, kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang menjadi tidak mudah rapuh.

Menjaga kesehatan jantung

Selain memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat menjaga kesehatan tulang dan otot, susu juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk jantung. Ini penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Pasalnya, kalium dapat membatnu mengeluarkan kandungan natrium berlebih melalui urine sehingga dapat mencegah tekanan dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Namun untuk penderita gangguan ginjal juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi kalium.

Menjaga massa otot

Protein adalah salah satu nutrisi penting bagi lanjut usia, terutama ketika mengalami penurunan berat badan, sakit keras atau sedang menjalani perawatan dari rumah sakit. Tubuh mengalami proses penuaan yang menghasilkan lebih sedikit protein daripada biasanya.

Masalahnya adalah bahwa tubuh membutuhkan protein untuk mempertahankan kekuatan massa dan otot, kesehatan tulang dan berbagai fungsi sistem gerakan manusia lainnya. itulah mengapa minum susu untuk lansia dapat membantu menjaga massa otot.

Mencegah osteoarthritis

Osteoartritis adalah sejenis penyakit radang sendi yang dapat terjadi pada orang tua terutama lanjut usia. Namun, konsumsi susu dapat mencegah osteoarhtiris. Kadar kalsium, vitamin D dan protein tinggi dalam susu memiliki potensi untuk mengurangi risiko osteoarhtiris. Jadi konsumsi susu rutin dapat mendukung kesehatan persendian dan melindungi tulang.

Setelah mengetahui pentingnya bagi lanjut usia untuk mengonsumsi susu, tidak ada salahnya membeli susu khusus untuk mendukung kesehatan orang tua atau kakek nenek Anda. ini tentu akan meningkatkan gaya hidup lansia setiap harinya apabila bisa memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Berbagai penyakit lanjut usia yang umum dialami bisa dicegah dengan pemenuhan nutrisi yang cukup terutama dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang, otot, dan sendi. Jika bingung memilih susu untuk lansia, Anda bisa mempertimbangkan susu Ensure untuk lanjut usia karena sudah memiliki kandungan yang sesuai kebutuhan sehari-hari seperti kalsium, vitamin D, protein whey, FOS, omega 3, dan masih banyak lagi.