4 Ciri Perkembangan Anak Usia 6 Bulan yang Optimal

Buah hati yang tumbuh dan berkembang sempurna sesuai perkembangan usia tentu menjadi harapan semua orang tua di dunia ini. Tugas orang tua jelas merawat dan memberikan asupan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Selain nutrisi kompleks dari pemberian ASI eksklusif, si kecil wajib mendapatkan nutrisi pelengkap dari makanan padat atau MPASI. Pastikan Anda memberikan Cerelac untuk bayi 6 bulan agar ia bisa tumbuh berkembang lebih maksimal.

Ketahui Ciri Bayi Usia 6 Bulan Tumbuh Sehat

Bila Anda sudah memberikan asupan nutrisi dari Cerelac untuk bayi 6 bulan, maka dukung tumbuh kembang anak dengan motivasi yang kuat. Anda bisa merangsang atau menstimulasi perkembangan fisik dan kecerdasan anak sejak usia dini, kok. Yuk, simak ciri bayi usia 6 bulan tumbuh sehat sesuai usia mereka dengan tanda berikut!

1. Memiliki keterampilan motorik yang bagus

Anda bisa mengamati ciri anak tumbuh sehat dari perkembangan motorik mereka, misalnya anak sudah mampu mengangkat kepala dan tangan, belajar duduk tanpa bantuan, berguling dari punggung ke perut atau sebaliknya, mulai merangkak maju atau mundur, dan lain-lain.

2. Memiliki pola tidur yang baik

Tanda anak sehat juga bisa dilihat dari pola tidur yang baik, misalnya anak usia enam bulan punya jam tidur 6-8 jam berturut-turut tanpa terbangun. Secara normal, bayi enam bulan butuh waktu tidur 14 jam dengan catatan tidur malam sebanyak 11 jam dan tidur siang 3 jam.

Bila anak kesulitan tidur, Anda harus membantu mengatasi permasalahan tersebut. Ketahui faktor penyebab anak susah tidur seperti mengalami infeksi saluran kemih, rewel, menderita masalah pada sistem pencernaan, dan lain-lain.

3. Belajar pola makan yang responsif

Anak yang sehat akan mulai menunjukkan rasa tertarik pada makanan padat sejak ia berusia enam bulan, bahkan bisa kurang dari usia tersebut. Anda bisa memberikan MPASI pertama pada bayi usia enam bulan dengan menu makanan bertekstur kental atau bubur bayi lunak.

Bayi yang normal memang bisa berubah-ubah selera makan sebab hal tersebut wajar terjadi. Kenalkan tekstur MPASI secara bertahap agar anak bisa mengenali rasa makanan baru tanpa risiko alami trauma, syok, susah menelan, dan lain-lain. Anak akan belajar memegang makanan sendiri, belajar memegang sendok saat Anda menempatkan makanan di kursi khusus bayi dan perkembangan positif lain.

4. Mulai tumbuh gigi

Anak yang tumbuh sehat akan mendapatkan pertumbuhan gigi yang lebih cepat. Pastikan Anda memberikan asupan nutrisi dari makanan padat bertekstur lembek pertama kali, kemudian naik secara bertahap seiring usia untuk mendukung pertumbuhan gigi yang baik.

Setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda, tetapi Anda harus selalu mengawasi tumbuh kembang si kecil agar tidak terjadi gangguan pertumbuhan tersebut. Terlambat mengenalkan makanan bertekstur padat saat anak usia di atas 8 bulan bisa berdampak pada pertumbuhan gigi dan perkembangan kemampuan bahasa yang terganggu, lho! Yuk, mulai berikan Cerelac untuk bayi 6 bulan agar ia tumbuh sehat dan aktif sesuai dambaan Anda!