Tonjong Canyon

Ada Canyon Mini di Tasikmalaya

Curug Tonjong berada di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Curug Tonjong pada awalnya kurang begitu dikenal karena akses jalan yang susah dan sulit dijangkau. Namun setelah adanya program Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kota Tasikmalaya. PLPBK adalah program lanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaaan. Jarak dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 15 km saja.

Untuk menuju ke Curug Tonjong, dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Dari simpang lima (S7.31996 E108.21995) menuju ke Selatan lurus terus sampe ke lampu merah arah Tamansari (S7.36728 E108.21467). Selanjutnya belok kiri ke arah Tenggara sampai ke Tugu Kelom Geulis (S7.37305 E108.23250) selanjutnya belok kanan ke arah Selatan sampai ke S7.41622 E108.24241 selanjutnya belok kanan ke arah Curug Tonjong. Semua jalan kondisinya aspal hotmix mulus, sehingga bisa dilewati oleh mobil sedan sekalipun.

Selanjutnya masuk ke jalan menuju arah Curug Tonjong sampai menemukan gerbang masuk kawasan wisata.Setelah melewati gerbang kawasan, dilanjutkan dengan jalan beton sampai ke warung di ujung jalan, selanjutnya jalan gang beton dan tangga sampai ke lokasi Curug Tonjong. Curug Tonjong memiliki beberapa curug dan ada persimpangan sungai dengan curug yang lumayan panjang.Di Curug Tonjong juga tersedia fasilitas MCK.Tetapi sebaiknya bawa bekal makanan, karena warung terdekat ada di ujung jalan, sementara di lokasi tidak ada warung.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini

Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya, West Java, Indonesia
Lihat peta