Tebing Panenjoan

Panorama yang Seperti Lukisan

Secara bahasa, panenjoan berasal dari bahasa sunda yaitu dari kata “tenjo” yang artinya melihat. Tebing Panenjoan adalah tempat di pinggir bukit dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl yang terletak di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dengan ketinggian ini, Anda bisa melihat pesona keindahan alam Ciletuh yang tak bertepi.

Di bawah Bukit Panenjoan ini, Anda bisa melihat 3 desa, yaitu desa Ciwaru, Mandra Jaya, dan Mekar Sakti. Selain bisa melihat perkampungan warga di atas tebing Panenjoan, Anda akan melihat bentang alam berupa deretan bukit-bukit yang berjejer membentuk sebuah mangkuk berukuran setengah lingkaran.

Dari Tebing Panenjoan ini tampak jelas dengan mata telanjang keindahan Samudera Hindia. Anda juga dapat melihat Teluk Ciletuh dengan pesisir Pantai Palangpang beserta pulau-pulau kecilnya. Bahkan, ketika cuaca cerah, Anda bisa melihat 2 buah curug dari sini, yaitu Curug Cimarinjung dan Curug Cikanteh yang berada di seberang Tebing Panenjoan.

Kalau saya bilang, tempat ini cocok untuk main paralayang. Pasti seru banget deh kalau main paralayang di sini. Selain udaranya sejuk, pemandangannya jelas terpampang nyata. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk lokasi prewed lho.

Jika Anda ingin ke sini, datanglah di sore hari. Anda akan melihat sunset yang sangat cantik. Tapi, ya namanya alam, saya tak bisa mendapatkan sunset cantik ini. Birunya langit mendadak berubah dengan cepat diganti awan putih dan kelabu. Setidaknya, dengan keindahan ini saja, saya menikmati pesonanya.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini

Jl. Taman Jaya 4, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Lihat peta