Pulau Kenawa

Birunya Langit Kenawa

Secara geografis, Pulau Kenawa ini merupakan bagian dari Pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) dan lebih tepatnya terletak di Sumbawa Barat. Pulau ini adalah pulau kosong alias tidak berpenghuni dan juga ditumbuhi ilalang serta rumput-rumput hijau. Pulau ini sangatlah mudah dikenali, karena terdapat satu bukit di pulau tersebut. Tidak butuh waktu sejam untuk menaklukkan bukit tersebut dan menapakkan kaki di puncak tertingginya. Pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih dan juga warna laut yang mampu menyegarkan penglihatan. Selain itu, menurut informasi yang saya peroleh lewat google dikatakan bahwa Pulau Kenawa memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona. Hal tersebutlah yang membuat saya berpengharapan terlalu tinggi terhadap keindahan karang di Pulau Kenawa, namun faktanya tidaklah seindah yang saya bayangkan. Banyak sekali karang yang hancur dan mati, betapa mirisnya hati ini melihat rumah para sahabatku hancur. Saya kurang tahu penyebab pastinya, namun tetap berharap kepada masyarakat dan pemerintah untuk lebih peduli terhadap keindahan alam yang dititipkan Tuhan tersebut.

Pukul 04.30 WITA, kami beranjak dari kota Mataram menuju pelabuhan Kayangan atau sering juga disebut pelabuhan Lombok. Waktu perjalanannya adalah sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor dan selama itu jugalah kami menikmati sejuknya angin.Setibanya di pelabuhan Kayangan, kami membayar biaya penyeberangan sebesar Rp 50.000 permotor (include penumpangnya). Setengah jam kemudian, kami dipersilahkan memasuki ferry dan sekitar setengah jam menunggu di dalam ferry, hingga akhirnya berangkat menuju Sumbawa. Lama perjalanan dari pelabuhan Kayangan (Lombok) ke pelabuhan Pototano (Sumbawa) adalah 1,5 s.d. 2 jam, tergantung besarnya gelombang laut. Pukul 10.00 WITA, kami sudah menginjakkan kaki di pasir putih dibalur beningnya air laut. Kami langsung menuju pendopo yang telah tersedia di pulau tersebut. Terdapat sekitar 18 pendopo di pulau tersebut dan pendopo tersebut memang disediakan oleh Pemerintah Daerah Sumbawa Barat untuk para pengunjung. Selain itu, terdapat juga rumah panggung & ruang ganti (kamar mandi) yang beraroma kurang sedap. Kesemuanya itu bisa digunakan oleh pengunjung dan jangan lupa untuk menghargai benda-benda tersebut. Saya menilai dengan disediakannya fasilitas-fasilitas tersebut menunjukkan keseriusan Pemda Sumbawa Barat terhadap potensi pariwisata yang dimiliki.

anyak hal yang bisa kita lakukan di pulau ini, seperti misalnya memancing, berburu foto, trekking, snorkeling, bermain layangan, bermain bersama keluarga dan bagi yang hobby masak memasak bisa juga kok. Hal yang pertama kami lakukan adalah berburu foto di sekitaran dermaga kayu, kemudian lanjut ke ilalang hijau.

Menurut saya, pulau Kenawa merupakan salah satu destinasi perjalanan yang harus kita pilih dan jangan sampai Anda melewatkan keindahannya. Secara garis besar, pulau ini memiliki kelebihan seperti misalnya pantai berpasir putih ditambah dengan birunya laut dan keindahan tersebut akan semakin jelas apabila Anda mencoba untuk mendaki bukit yang terdapat di pulau tersebut. Kata-kata pujian yang akan tercipta, ketika Anda memandang dari puncak tertinggi pulau tersebut. Dan jangan lupa untuk menikmati karang yang terdapat disekitaran pulau.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini

Pulau Kenawa, Poto Tano, Poto Tano, West Sumbawa Regency, West Nusa Tenggara, Indonesia
Lihat peta