Pantai Tanjung Kelayang

Surga Kecil di Belitung

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, selain Pantai Tanjung Tinggi. Di sana terdapat hamparan pasir putih dan bebatuan granit besar. Pemandangannya sungguh dahsyat!

Anda tentu masih ingat adegan Lintang yang sesekali mengantar sang ayah menuju perahu saat hendak melaut, atau sebaliknya kala anak cerdas itu menghampiri sang ayah saat tiba dari menangkap ikan? Nah, itulah Pantai Tanjung Kelayang.

Sekalipun tak sepopuler Pantai Tanjung Tinggi yang memang sudah menjadi brand film Laskar Pelangi, bukan berarti Pantai Tanjung Kelayang tak rupawan. Bagi saya, justru Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai favorit saya selama liburan di Pulau Belitung.

Saat liburan di Pulau Belitung, terhitung dua kali saya bertandang ke Pantai Tanjung Kelayang. Penyebabnya, apalagi bila bukan pemandangan di pantai ini yang sekonyong-konyong membuat saya melayang.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah birunya air laut, jernih pula. Pasir di sepanjang Pantai Tanjung Kelayang putih berseri, halus bak tepung terigu.

Nah, ini bagian yang menjadi alasan kenapa saya menempatkan Pantai Tanjung Kelayang sebagai pantai favorit yakni bebatuan granit yang tersusun menyerupai kepala burung garuda, tak jauh dari sebuah pulau di Pantai Tanjung Kelayang.

Pada tahun 2011 yang lalu, pantai ini dijadikan lokasi perhelatan Sail Wakatobi Belitong, sejumlah yatch dunia pernah singgah di sini. Saya pun masih sempat menyaksikan aroma acara itu saat berkunjung kesana, seperti pohon-pohon yang sengaja ditanam oleh sejumlah menteri dan pejabat-pejabat lainnya di sebuah sudut pantai, terlihat dari nama-nama yang tertera di pohon-pohon itu.

Selain itu, ada juga batu hitam legam yang bertuliskan “Sail Wakatobi-Belitong 2011”. Saat tiba di Pantai Tanjung Kelayang, kita akan disambut tulisan “Welcome To Belitong” dengan ukuran raksasa.

Di belakangnya, ada jembatan yang sengaja dibangun bagi para pengunjung supaya leluasa menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang. Hati-hati, pemandangan dari jembatan ini bisa membuat kita melayang, saking terpesonanya kita dengan kecantikan Pantai Tanjung Kelayang.

Nah, dari jembatan inilah, setidaknya dari jarak yang lumayan dekat, kita bisa menyaksikan bebatuan yang berbentuk kepala burung garuda. Disamping itu, dari jembatan ini kita juga bisa memancing, seraya melihat ikan-ikan yang berkeliaran dibawah air laut yang jernih.

Dibagian ujung pantai, pemandangan juga tak kalah menakjubkan. Saya selanjutnya berjalan-jalan di atas pasirnya yang putih, menuju ujung tanjung. Di sana, batu-batu granit saling bertumpukkan, menyajikan pemandangan Pantai Tanjung Kelayang yang kian membuat kita melayang.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini

Belitung Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia
Lihat peta