Museum Ullen Sentalu

Museum Unik di Yogya

Museum Ullen Sentalu, begitulah nama yang terpampang di depan. Terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Museum Ullen Sentalu menyimpan aneka koleksi menawan mengenai budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram.

Menjejak di Museum Ullen Sentalu wisatawan akan disambut dengan hawa sejuk yang berkisar antara 15 – 25 der4ajat celcius. Suasana hening yang menyatu dengan alam pegunungan semakin menambah damai suasana. Arsitektur vernakular yang menyatu dengan alam serta dikelilingi rimbun pepohonan menjadi tempat yang asyik untuk mengambil gambar.

Sebagai museum terbaik, tentu saja layanan dan tata kelola di Ullen Sentalu terbilang prima. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Museum Ullen Sentalu akan dipandu oleh seorang pemandu berpengalaman yang menjelaskan secara rinci mengenai isi museum.

Koleksi museum dibagi dalam beberapa ruang. Yang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan seperangkat koleksi gamelan. Selanjutnya Guwo Selo Giri yang menjadi ruang pamer lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram. Kampung Kambang terbagi menjadi 5 ruang pamer yang mempertontonkan koleksi batik, syair, hingga album hidup GRKay. Siti Nurul Kusumawardhani. Yang terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

Usai mengikuti tur keliling museum, wisatawan bisa menikmati aneka hidangan lezat di Restoran Beukenhof yang memiliki arsitektur gothic. Beberapa hidangan yang direkomendasikan adalah Lobster Thermidor, Breaded Chicken Tender, dan Glazed Lamb Rack. Hidangan yang lezat, tempat yang indah, serta alam yang asri pasti akan menjadikan sesi bersantap menjadi semakin nikmat.

1 review

  1. menarik, nambah edukasi

    Museum Ullen Sentalu sangat kental dengan nuansa Jawanya. Museum yang terletak 25 km dari kota Yogyakarta ini sangat layak untuk dikunjungi. Cukup banyak filosofi dan makna yang ada di dalam museum ini, seperti kata Ullen Sentalu yang bermakna jembatan untuk warisan budaya. Museum yang diresmikan pada 1 Maret 1997 oleh Paku Alam VIII ini memiliki berbagai koleksi mulai dari gamelan, lukisan kraton, pakaian adat Jawa,arca, dan aksara ataupun foto koleksi pribadi keluarga kraton. Yang paling menarik adalah relief Candi Borobudur yang terletak ditengah dan sengaja dibuat dalam posisi miring, untuk menandakan cagar budaya yang terbengkalai. Relief tersebut mengingatkan kepada generasi muda agar tidak melupakan dan tetap melestarikan cagar budaya.
    Jika ingin berkunjung ke museum Ullen Sentalu, sebaiknya membawa payung karena sewaktu-waktu hujan dapat turun.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini

Sleman, Sumberadi, Mlati, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
Lihat peta