Kampung Buyut Cipageran

Liburan Seru Untuk Keluarga di Cimahi

Sejuk dan tentram, itulah kesan pertama jika kita menginjakan kaki ke Kampung Buyut Cipageran (Kabuci). Selain masih banyak pepohonan, dilahan seluas 2,5 hektar yang berlokasi di Jln Kolonel Masturi Km 3, Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utara tersebut terdapat sejumlah bangunan yang terbuat dari bambu.

Menurut salah seorang keluarga pemilik lahan yang juga Direktur Kabuci, Abdullah Syifaa, sebelum tahun 2011, Kabuci hanya lahan perkebunan biasa. Namun keluarga besar pemilik lahan itu berinisiatif merubahnya agar lebih bermanfaat.

Dengan konsep tersebut, lanjut Abdullah, dilokasi itu dibuat saung dari bambu. Bahkan beberapa kali dilokasi itu digelar pencaksilat dan lainnya yang berhubungan kedengan kesundaan.
Namun seiring perjalanan waktu, lanjut Abdullah, ditahun 2015 keluarga besar kembali berembug agar lokasi ini dikembangkan. Dalam artian konsepnya lebih ke umum, meski tidak melepaskan unsur kebudayaannya.
Bahkan nama lokasipun berubah jadi Kampung Buyut Cipageran (Kabuci). Dimana nama buyut tidak dihilangkan karena ini tanah leluhur (buyut, red).
“Konsepnya berubah menjadi mengarah ke pelestarian alam, seni budaya, dan wisata pendidikan,” katanya.
Untuk konsep pelestarian alam, tutur Abdullah, dimana pihaknya berupaya melestarikan tumbuhan yang selama ini ada di lokasi. Bahkan rencananya, dilokasi juga akan ditambah varietas tumbuhan yang sudah langka.
Sementara untuk mengusung konsep seni dan kebudayaan, lanjut Abdullah, pihaknya berencana bekerjasama dengan Indonesia Bamboo Community (IBC). Terlebih IBC selama ini selain bergerak dibidang seni dan budaya mampu membuat produk dari bambu.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini