Air Terjun Sumbersalak

Niagara Mini di Jember

Untuk menikmati dan mengagumi keindahan air terjun Niagara dan Angel Falls kamu tidak perlu terbang jauh-jauh ke benua Amerika. Cukup ngetrip ke Kabupaten Jember kamu sudah bisa mendapatkan penampakan keduanya. Serius, di kabupaten yang bertetanggaan dengan Banyuwangi ini ada kembaran dua air terjun yang megah itu namanya Air Terjun Ledokombo dan Sumber Salak.

Selama ini traveler mengenal Jember sebatas lewat sebuah festival dunianya yang bertajuk Jember Fashion Carnival. Sedangkan alamnya belum terjamah secara massal, tak heran jika banyak tempat-tempat keren tapi suasananya masih sangat alami. Yang mengejutkan adalah adanya dua air terjun cantik di kecamatan Ledokombo yang mirip sekali dengan Air Terjun Niagara dan Angel Falls meski dengan ukuran mini.

Kedua air terjun ini belum terlacak radar wisatawan secara luas. Hanya beberapa anak muda yang suka blusukan saja yang tahu keberadaannya. Itupun dengan usaha susah payah mengingat untuk menemukan air terjun ini diperlukan tanya sana-sini dengan warga lokal yang kadang mereka sendiri juga tidak tahu jika di daerahnya ada air terjun. Oleh sebab itu wajar jika sulit sekali menemukan artikel yang mendeskripsikan tempat ini secara rinci di internet.

Air terjun yang bernama Sumber Salak. Masih di kecamatan Ledokombo hanya berbeda desa. Lagi-lagi kamu butuh kemampuanmu untuk bersosialisasi dengan warga setempat karena hanya itu satu-satunya cara untuk menemukan jalan menuju ke air terjun. Tapi tenang, usaha yang kamu lakukan sebanding kog dengan apa yang akan kamu dapatkan.

Air Terjun Sumber Salak berukuran lebih pendek namun ukuran terjunannya lebih lebar ketimbang air terjun Ledokombo. Bentuknya yang melebar membuatnya terlihat seperti air terjun Niagara. Tak heran jika traveler yang pernah berkunjung ke sana menyebutnya sebagai Niagara Mini dari Jember. Terbukti kan jika kabupaten ini menyimpan sejuta pesona alam yang belum terjamah. Maka dari itu buruan jelajahi kota ini.

Tinggalin rating dan tulis review buat tempat ini

Sumber Salak, Ledokombo, Jember Regency, East Java, Indonesia
Lihat peta