Walau sebentar, sayang sekali jika weekend tidak dimanfaatkan untuk liburan. Dengan uang sedikit pun kamu tetap bisa berlibur di akhir pekan. Simak dulu 5 tipsnya!

Tak punya uang banyak bukan berarti kamu harus merelakan liburan dan menghabiskan akhir pekan di rumah saja. Ada berbagai cara yang bisa dicoba untuk tetap berlibur tanpa mengeluarkan uang banyak.

1. Pilih angkutan kelas ekonomi

Pilihlah destinasi yang tak terlalu jauh dari kota asal kamu. Kemudian pesan tiket bus ataupun kereta kelas ekonomi. Walaupun kemungkinan akan lebih lama di perjalanan dan kenyamanannya kurang tak apa, yang penting kamu tetap bisa sampai ke tujuan dengan harga yang ramah di kantong.

2. Mencari tempat menginap gratis

Sebelum berangkat, cobalah mendaftar di situs couchsurfing yang memungkinkan untuk menginap gratis di rumah membernya. Tapi tetap harus jeli dalam memilih tempat yang akan kamu inapi.

Cara lainnya tentu dengan mencari tahu apakah ada teman atau saudara kamu yang tinggal di daerah tujuan liburan. Jika ada, coba hubungi dan beritahu mereka jika kamu ingin menginap di akhir pekan. Siapa tahu mereka sedang ada di rumah dan bersedia diinapi.

3. Naik kendaraan umum yang ongkosnya murah

Jalan kaki cukup menghemat pengeluaran dan kamu bisa lebih menikmati suasana kota dibanding naik kendaraan umum. Tapi perhatikan juga jarak menuju tujuan.

Jika objek wisata yang dituju agak jauh dan membutuhkan waktu lama untuk berjalan kaki, pilihlah angkutan umum yang ongkosnya murah seperti angkot. Jangan naik ojek atau taksi yang biayanya lebih menguras kantong.

4. Kunjungi objek wisata gratis

Liburan yang seru tak harus di taman rekreasi yang tiket masuknya agak mahal. Carilah informasi tempat apa saja yang bisa dikunjungi gratis, seperti air terjun, pantai yang belum terkenal, taman atau festival yang dimasuki tanpa bayar tiket.

5. Window shopping

Bagi yang hobi belanja, karena sedang tak punya uang banyak bukan berarti harus menghindari pusat perbelanjaan. Kamu tetap bisa berkunjung untuk sekadar window shopping. Asalkan kamu bisa menahan keinginan untuk langsung belanja.

Tentukan saja barang apa yang kamu inginkan, ketahui harganya dan siap-siap mengumpulkan uang. Siapa tahu kamu bisa kembali lagi ke tempat itu dan membelinya.

Artikel ini dikutip dari detikTravel

Leave a Reply