Apa nickname mbak di Instagram? Kok bisa nickname tersebut yang dipilih 

Nama di Instagram aku adalah @tanyabaracchi.
Simple aja sih, nama tersebut dipilih dari nama panggilan aku yaitu Tanya Baracchi.

Bisa diceritakan sedikit latar belakang mbak, buat pembaca bolehtanya.com? (Sperti pekerjaan, domisili dimana, dll, singkat dan padat aja, maximum 8 kalimat

Mencintai travelling dari kecil, karena kedua orang tua aku memang doyan sekali travelling, jadi tertular ke anaknya juga.hihi. Tapi waktu untuk travelling tidak sebanyak sekarang karena dulu masih harus sekolah dan melanjutkan untuk kuliah.

Setelah aku menyelesaikan pendidikan S1 di Bina Nusantara University (Jakarta) di jurusan Desain Komunikasi Visual baru kemudian aku memutuskan untuk kembali tinggal di Bali dan memilih untuk traveling sepuasnya hingga sekarang.

Mengapa mbak lebih memilih travelling Indonesia daripada travelling ke luar negeri?

Nah ini panjang ceritanya. 
Jujur baru 2 tahun belakangan ini mulai travelling di Indonesia. Karena memang dulu seringnya diajak traveling ke luar, sampai akhirnya suatu saat aku memiliki ketertarikan untuk melihat langsung salah satu destinasi dari 7 keajaiban dunia di Taman Nasional Komodo.

Untuk mencapai Taman Nasional Komodo aku harus menggunakan boat dan melewati perairan Flores yang amat cantik. Dan dari detik itulah aku speechless akan keindahan alam Indonesia. Mataku baru kebuka bahwa ternyata Indonesia itu indah banget. Sejak saat itu aku mulai memiliki ketertarikan untuk traveling di dalam negeri. Sekarang ini kalau ada teman yang ngajakin untuk traveling pasti lebih milih dalam negeri ketimbang luar negeri. Mimpiku sekarang ini adalah untuk menjelajahi Indonesia sedikit demi sedikit, karena memang Indonesia itu kan luas banget dan butuh waktu lama untuk mengeksplor semuanya.

Jujur bukan hanya dimulut saja, Indonesia memang benar-benar gak kalah sama luar negeri. Bahkan puluhan ribu wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Kalau menurut aku pribadi potensi wisata alam yang dimiliki Indonesia itu paket lengkap banget, bukan hanya potensi wisata alammnya saja tetapi budaya yang beragam juga merupakan nilai plusnya. Indonesia punya ribuan destinasi dan 17 ribu pulau yang sangat menarik, unik dan menanti untuk dijelajahi.

Mulai dari gunung, danau, laut, objek wisatanya, semua lengkap!

Ada banyak tempat-tempat di Indonesia yang tidak ada di negara lain. Mulai dari candi sampai sisa-sisa kerajaan pada jaman dahulu, diantaranya Candi Borobudur, Prambanan, Candi Boko dan banyak lainnya, Blue fire di Kawah Ijen, Gunung Bromo di Probolinggo, Danau Kelimutu di Ende, Air terjun mata jitu di Pulau Moyo Sumbawa yang merupakan tempat pemandian mendiang Putri Diana, Danau Toba di Sumatera Utara, Upacara adat ngaben di Bali, Upacara tradisional Pasola di Sumba bahkan keanekaragaman hayati laut di Raja Ampat merupakan yang tertinggi di dunia. Semuanya ada di Indonesia.

Percaya deh sama aku, traveling di dalam negeri akan menumbuhkan kecintaan yang lebih jauh terhadap negeri kita tercinta dan memberikan pengalaman yang sungguh berharga banget deh.

Selain memang karena Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa, travelling di Indonesia memang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan traveling ke luar negeri. Dengan pengeluaran dana yang tidak terlalu banyak, aku bisa mengunjungi tempat-tempat indah di Indonesia. Tapi tentunya harus perlu riset yang banyak juga sih, karena memang tidak semua destinasi di Indonesia itu terjangkau. Contohnya Raja Ampat.

Berwisata dalam negeri bukan hanya lebih hemat, tapi ekonomi di kawasan wisata itu akan terbantu. Semakin banyak dari kita yang tertarik untuk traveling dalam negeri maka artinya kita mendukung peningkatan ekonomi di tujuan wisata tersebut.

Misalnya dengan menyewa transportasi dan hotel atau membeli barang-barang hasil karya masyarakat setempat seperti sarung, kain tenun, dll nantinya akan berdampak pada perekonomian daerah tersebut.

Daerah Indonesia mana saja yang sudah pernah mbak kunjungi? 

Sejauh ini masih banyak sekali yang belum dan sangat ingin aku kunjungi.

Yang sudah sih sejauh ini Pulau Jawa dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur udah pernah. Pulau Bali lanjut ke Nusa Tenggara Barat mulai dari Lombok dan Sumbawa pun sudah.

Nusa Tenggara Timur mulai dari FLores, Sumba, Kupang, Pulau Rote juga sudah.

Pulau Sumatera juga sudah pernah, kemarin saya sempat ke Bangka Belitung, Jambi, dan juga ke Batam dan Pulau Bintan.

Sulawesi juga sudah pernah tapi hanya di sekitaran Sulawesi selatan, yaitu Makassar dan Bira.

Untuk Kalimantan selatan juga sudah, tetapi hanya dibagian Selatannya saja yaitu Banjarmasin.

Kalau ada mesin teleport skarang, mbak bisa ditransfer ke satu tempat di Indonesia, daerah apa yang mbak pilih dan mengapa? 

Wah susah nih jawabnya, karena Indonesia itu alamnya indah-indah banget. 
Maunya sih milih 10 tempat yah.haha

Tapi kalau disuruh pilih satu tempat sih pengennya ke bagian Timur Indonesia yaitu Kepulauan Kei di Maluku.
Alasannya karena pertama belum pernah kesana dan sangat tertarik untuk mengunjunginya langsung.

Alasan kedua karena memang untuk mencapai Kepulaua Kei masih cukup rumit dan tidak banyak orang yang kesana sehingga pantainya masih sangat sepi dan perawan, belum terlalu kena campur tangan manusia sehingga pantainya masih bersih dan air lautnya masih jernih.

Ketiga karena memang pantai-pantai di pulau Kei memiliki keunikan tersendiri. Misalnya Pantai Ngurtafur yang memiliki bentangan pantai gosong sepanjang 2 km dan jika beruntung pun kita bisa bertemu dengan burung pelican jenis Australian pelican. Selain pantai Ngurtafur ada juga pulau Bair yang luar biasa indahnya. Andai aku punya mesin teleport ya.hahaha 

Selain dari kebutuhan penting seperti uang, backpack dan baju, 3 hal apa yang mbak selalu bawa ketika travelling?

Camera harus banget entah itu dslr or action cam.
Saya memang penggila kacamata, disamping untuk melindungi silaunya terik matahari, kacamata bias menutupi muka saya yang kecapean atau lagi kucel pada saat difoto.hahaha.


Nah, kebanyakan kita kan suka travelling hemat. Ada tips hemat nggak buat travellers lain ni?

1.Kalau mau travelling hemat ya harus bikin rincian sedetail mungkin agar kita tau berapa budget yang diperlukan.

Dengan adanya budget awal yang ditulis dikertas aku jadi terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

Harus banyak-banyak riset juga. Kalau dari sudut pandang saya sih jangan menyepelekan yang namanya riset. Kalau bisa jauh-jauh hari sebelum berangkat harus cari info sebanyak mungkin tentang obyek wisata yang akan dikujnungi nantinya. Riset termasuk mengenai kendaraan yang akan digunakan nanti selama di tempat tujuan dan berapa kira-kira harga kendaraan pribadi maupun umum, serta riset mengenai penginepan yang oke tapi harga masih terjangkau.

Jangan pergi waktu musim liburan atau tanggal merah karena sudah pasti akan lebih mahal. Untuk tiket transportasi biasanya lebih murah apabila berangkat atau pulang di hari kerja dari pada saat akhir pekan atau libur panjang. Selain lebih murah, enaknya kalau pergi gak pas weekend atau hari libur kita akan terhindar dari kerumunan orang-orang di lokasi wisata.

Memesan dari jauh-jauh hari.

Ini penting banget nih. Kalau mau hemat ya harus memesan dari jauh-jauh hari. Contohnya membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Kalau mau hemat banget bisa dari setahun sebelumnya juga, hehe. Biasanya, harga tiket, kamar hotel akan lebih murah jika dibeli lebih awal.

Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk. Nah ini kenapa menurut aku riset itu sangat penting. Karena dengan riset yang lebih dalam lagi aku jadi tau beberapa tempat yang free entrance. Lumayan kan? Bisa menghemat uang juga kan?

Menurut mbak, sudahkah pemerintah Indonesia cukup menginvest dana dan usaha dalam membudayakan wisata Indonesia? Bisa tolong dijelaskan singkat aja contoh realnya 

Kalau dibilang cukup saya rasa sih belum ya.

Sebagai contohnya: Tahun lalu bulan Oktober terjadi kebakaran hutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Katanya sih kemarin itu kebakaran yang paling parah yang pernah terjadi. Akibatnya 50 ribu hektar (kurang lebih) terbakar. Ekosistem Orang Utan pun terganggu bahkan ada banyak Orang Utan yang mati akibat menghirup asap.

Yang lebih menyedihkan adalah mengingat orang yang peduli terhadap keberlangsungan hidup salah satu ikon pesona Indonesia ini datang dari pihak luar. Dari kejadian ini bias dilihat bahwa kurangnya usaha pemerintah untuk membudidayakan wisata disekitar Taman Nasional Tanjung Puting. Entah sampai sekarang ada yang bilang kebakaran terjadi murni karena faktor alam atau memang disengaja demi meraup keuntungan pribadi. Yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah adalah menginvest dana untuk hijaukan bekas kebakaran di Tanjung Putting dengan cara menanam kembali bibit pohon. Namun sejauh ini pemerintah dianggap kurang serius dalam hal reboisasi hutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Justru yang lebih peduli ada relawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ini seputar tips Instagram, ada pesan buat kita travellers Indonesia lain biar kita bisa dapat gambar yang bagus buat dipost ke Instagram?

Nah ini nih pertanyaan yang sering sekali ditanyain ke aku lewat account instagramku.

Karena memang instagram ku foto-fotonya lebih ke colorful jadi aku harus pastiin foto-foto yang aku upload itu warnanya serba cerah dan serba warna-warni.

Tipsnya adalah:

  1. Menurut saya pribadi timing adalah segalanya. Aku selalu suka hasil foto dengan warna awan yang masih kebiruan. Oleh karena itu aku lebih suka foto siang-siang karena setelah jam 4 sore awan yang tadinya bewarna kebiruan akan terlihat putih di foto.
  2. Mengurangi foto jika mendung. Berhubung aku sukanya foto yang cerah dan bewarna, aku tidak tertarik foto saat cuaca lagi mendung.
  3. Pada saat di tempat tujuan, harus banyak-banyak ambil angle foto agar nantinya kita bisa mendapatkan hasil foto yang terbaik.
  4. Eksplor destinasi cantik yang belum banyak diketahui oleh orang. Terkadang kita hanya fokus untuk foto-foto di tempat tujuan wisata yang terkenal saja, padahal sebenarnya perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut harus kita manfaatkan. Aku tipe orang yang suka foto-foto proses perjalanan menuju ke tempat wisatanya karena terkadang tanpa aku duga, malahan aku mendapatkan hasil foto yang luar biasa.

Contohnya: Kemarin aku sempat mengunjungi sebuah pantai di Sumba yang memakan waktu 2 jam perjalanan. Perjalanan menuju pantainya melewati sebuah bukit yang indah, aku pun meminta supirnya stop sebentar untuk foto-foto. Foto-foto yang aku dapatkan benar-benar di luar ekspektasi. Super keren deh, bahkan lebih keren dari hasil foto di pantai yang menjadi tujuan utamaku.hahaha.

Jadi intinya, jangan selamanya terpaku dengan wisata yang terkenal saja. Inilah yang akan membuat foto traveling yang nantinya akan di post di Instagram jadi berbeda dengan foto orang lainnya.

  1. Menggunakan aplikasi untuk mengedit foto sebelum di publish. Kalau aku sukanya edit langsung di photoshop atau pakai aplikasi Snapseed.
  2. Mainkan elemen alam dalam setiap foto. Seperti contohnya awan, batu, rumput, bunga atau tanaman-tanaman di sekitar, burung yang lewat, ataupun cahaya matahari yang nantinya akan bikin foto yang kita ambil lebih indah.
  3. Carilah focal point atau titik fokus. Menurut aku sih ini sangat penting untuk mendapatkan hasil foto yang bagus buat di post. Titik fokus ini artinya dimana mata akan pertama kali tertuju saat melihat foto tersebut.

Misalnya pada saat mau foto landscape atau pemandangan perbukitan yang serba hijau, berdirilah seseorang menggunakan payung warna-warni. Nah focal pointnya adalah di orang yang berdiri dengan membawa payung warna-warni tersebut.

  1. Terkadang aku suka menggunakan benda-benda seperti property tambahan untuk membuat foto yang aku ambil jadi lebih menarik dan bewarna. Misalnya, menggunakan payung warna-warni, atau smoke bomb, atau floaties dan masih banyak property lainnya.

Ada satu pesan khusus buat pembaca bolehtanya.com nggak?

Sebagai warga negara yang baik, kita harus berusaha menjaga dan merawat apa yang dititipkan oleh sang pencipta kepada kita, salah satunya seperti tempat wisata.

Bagi teman-teman semua yang mencintai traveling sama seperti aku, pesannya adalah untuk menjaga alam ini dengan baik. Jangan cuman menjadi penikmat alam saja tapi alangkah baiknya untuk menjadi traveler yang juga pencita alam. Lebih memerhatikan alam di sekitar kita mulai dari hal-hal kecil yang berdampak besar, misalnya jangan buang sampah sembarangan baik itu sampah yang dibawa dari rumah maupun yang baru dibeli di tempat wisata tersebut, jangan corat-coret di batu, dll. Pokoknya jangan merusak, mencuri atau apapun yang bisa membuat keindahan wisata yang dikujungi menjadi tidak indah lagi ya.

Yuk! Mari kita sama-sama menjaga alam di Negeri tercinta ini  

Makasih ya, mbak Tanya buat waktunya ngobrol2 dengan BolehTanya.com – kita sangat terinsipirasi dengan cerita dan foto2 mbak Tanya di Instagram. Teruskan berkarya!

3 comments

  1. Nugraha

    Sangat cocok Tanya menjadi tamu bolehtanya.

  2. diah setyo

    Ini nih yg dinamakan traveler sejati dan patut untuk dicontoh dan selalu colourfull keren kka aniaaaa

  3. Kaaaak,suka bangeeet sama foto fotonyaaaa. Jadi makin semangat buat Travelling. Inspirasi bgt kaak. Kecee

Leave a Reply