Belum sah mengunjungi sebuah destinasi tanpa wisata kuliner. Agar berat badan tidak naik, setidaknya ada 5 tips yang bisa Anda terapkan.

1. Jalan kaki

Baik di kota kecil maupun kota besar, jalan kaki adalah aktivitas yang wajib dilakukan saat traveling. Anda bisa saja naik berbagai transportasi untuk jarak jauh, namun untuk menjelajah sebuah kawasan, jalan kaki adalah opsi paling asyik sekaligus sehat. Sambil berjalan kaki, Anda bisa mampir ke beberapa tempat wisata.

2. Pilih minuman

Tak hanya makanan, minuman pun menentukan sebanyak apa kalori yang masuk dalam tubuh. Pilih minuman dengan bijak, jangan minum yang terlalu manis atau ‘berat’ apalagi jika makanan sebelumnya mengandung banyak kalori. Air putih adalah opsi paling sehat usai makanan beragam kuliner lokal. Jika ingin mencicipi aneka minuman ‘berat’, misal Es Teler atau Es Kacang Merah, berilah jeda sekitar 1-2 jam.

3. Dapur di penginapan

Selain hotel, banyak opsi akomodasi yang menunjang makan sehat. AirBnB dan apartemen misalnya, kebanyakan dilengkapi dapur sehingga Anda bisa meracik sendiri makanan. Usai berwisata kuliner, jangan lupa kalau Anda butuh asupan sehat. Memasak sayuran atau membuat jus buah sendiri bisa jadi pilihan.

4. Beli camilan sehat

Siapa bilang semua kuliner lokal penuh kalori dan tidak sehat? Sebelum berangkat, atau saat merancang itinerary, cobalah gali informasi seputar camilan sehat di tempat tujuan. Kacang-kacangan dan buah-buahan bisa jadi pilihan. Saat berkunjung ke Bangkok misalnya, Anda bisa membeli jus delima asli atau buah-buahan potong.

5. Berbagi dengan teman

Salah satu keuntungan traveling bareng teman adalah Anda bisa berbagi makanan. Jika ada banyak makanan yang ingin dicoba, Anda dan teman bisa membeli jenis yang berbeda kemudian saling mencicipi. Misal saat menyusuri deretan pantai di Gunungkidul, Anda bisa membeli makanan khas berupa Tiwul, dan teman Anda membeli pecel yang juga khas. Selamat mencoba!

Sumber detikTravel

Leave a Reply